Selasa, 20 November 2012

BAB 7 Perumusan dan Pelaksanaan Strategi


Sekilas tentang materi yang telah di presentasikan oleh kelompok 3..
Pemikiran strategis berarti menggunakan prespektif jangka panjang dan melihat gambaran besar dari perusahaan dab lingkungan kompetitif serta memikirkan keselarasan antara keduanya. Manajemen Strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan untuk merumuskan dan melaksanakan strategi yang memungkinkan kesesuaian sangat kompetitif antara perusahaan dan lingkungannya sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan. Strategi adalah rencana tindakan yang menerangkan alokasi sumber daya  serta berbagai aktifitas untuk menghadapi lingkungan, memperoleh keunggulan bersaing dan mencapai tujuan perusahaan. Keunggulan bersaing adalah hal yang membedakan perusahaan dari perusahaan lain. Strategi harus memanfaatkan kompetensi dasar , membangun sinergi dan memberikan nilai.
Tingkatan strategi
Ø  Strategi tingkat perusahaan, pada bidang usaha apa kita bergerak ?
Ø  Strategi tingkat usaha, bagaimana cara kita bersaing ?
Ø  Strategi tingkat fungsi, bagaimana kita mendukung strategi tingkat usaha ?
Proses manajemen strategi
  • Perumusan VS pelaksanaan strategi
Perumusan strategi : yang melibatkan perencanaan dan pengambilan keputusan untuk mencapai tujuan perusahaan, serta membuat rencana strategis spesifik. Pelaksanaan strategi : yang melibatkan penggunaan sarana manajerial dan organisasional untuk mengarahkan berbagai sumber daya agar dapat mencapai tujuan yang strategis.
  • Analisis SWOT adalah analisis terhadap kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang menentukan kinerja perusahaan
Merumuskan Strategi Tingkat Perusahaan
  • Strategi portofolio melakukan diversifikasi dalam sebuah portofolio yang memuat investasi
  • Matriks BCG menempatkan perusahaan dalam 2 dimensi: tingkat pertumbuhan usaha dan pangsa pasar
  • Strategi diversifikasi adalah strategi yang beralih ke jenis usaha baru
Merumuskan strategi tingkat-usaha
 5 kekuatan kompetitif porter :  1. Potensi pesaing yang baru, 2. Daya tawar pembeli, 3. Daya tawar pemasok, 4. Ancaman produk pengganti, dan 5. Persaingan antar kompetitor.
Untuk mengetahui daya saingnya di setiap kekuatan, porter juga menyarankan perusahaan untuk menggunakan 1 dari 3 strategi, yaitu: 1. Diferensiasi, 2. Kepemimpinan biaya, dan fokus
Tren baru dibidang strategi
Ø  Merger dan akuisisi
Ø  Inovasi dari dalam
Ø  Kemitraan strategis
Strategi Global, para eksekutif senior mencoba merumuskan strategi yang koheren untuk memungkinkan sinergi antar-usaha internasional guna mencapai tujuan bersama.
  • Globalisasi : standardisasi desain dan strategi pengiklanan produk di seluruh dunia
  • Strategi multidomestik : Penyesuaian produk atau periklanan dengan selera dan kebutuhan lokal
  • Strategi Transasional : menggabungkan standardisasi dan penyesuaian produk/strategi pengiklanan
  • Strategi ekspor : mengekspor sejumlah kecil produk domestik ke negara-negara tertentu
Penerapan strategi
Strategi baru diwujudkan dalam perubahan :
  • Kepemimpinan : kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar menunjukkan perilaku baru yang di perlukan dalam menerapkan strategi
  • Rancangan struktural : terkait dengan tanggung jawab seorang manajer, tingkat kewenangan mereka serta konsolidasi dari berbagai fasilitas, departemen dan divisi
  • Sistem informasi dan kendali : mencangkup sistem imbalan, gaji, anggaran untuk alokasi sumber daya, sistem teknologi informasi
  • Sumber daya manusia : bertugas untuk merekrut, menyeleksi, memindahkan mempromosikan dan memecat pegawai dalam upaya mencapai tujuan strategis
Sekian..semoga berguna :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar