(Vibiznews –Strategic)- lemahnya perekonomian amerika akibat
krisis subprime mortgage tentunya mempengaruhi kinerja perusahaan-perusahaan AS
dan dunia. Inflasi yang semakin tinggi juga semakin mempersulit keadaan. Salah satu
implikasi yang dimiliki perusahaan asalah menekan biaya dengan cara mengurangi
inovasi. Namun ternyata tidak semua perusahaan menerapkan langkah ini, antara
lain blackberry dan Amazon.
Blackberry
Research in Motion (RIM) adalah
perusahaan yang berada di balik Blackberry yag fenomenal. Berbeda dengan
perusahaan lain yang menekan biaya riset, Blackberry justru tetap berkomitmen
pada riset. Mike Lazaridis, pendiri RIM yang juga menjabat sebagai co-chief
executive officer, mengungkapkan bahwa jika anda ingin menciptakan sesuatu yang
bersifat sustainable dan inovatif
maka anda harus berinvestasi pada R&D.
Sustainable Innovation dapat diperoleh jika anda membangun budaya yang
tepat, berinvestasi pada fasilitas yang sesuai, dan memberi inspirasi pada
karyawan. Hasilnya tentu berbeda dengan seandainya anda memperoleh ide,
kemudian memaksimalkan value denngan menekan biaya saja. Oleh karena itu, untuk
menciptakan sustainable innovation, membutuhkan investasi R&D dalam jumlah
yang besar pula.
Yang menarik dari Blackberry
adalah pengujian inovasi mereka lakukan sendiri. Seluruh karyawan di perusahaan
menggunakan produk, sehingga mereka merasakan langsung pengalaman dengan
produk. Sehingga feedback yang diperoleh valid karena mereka berlaku langsung
sebagai konsumen.
Amazon. Com
Senada dengan apa yang
diungkapkan Mike Lazaridis, Jeff Bezos. CEO amazon, mengungkapkan bahwa tidak
ada yang namanya waktu buruk untuk berinovasi. Baik itu masa yang bagus maupun
sedang sulit, maka sudah seharusnya anda tetap berinovasi, dan tentunya inovasi
akan berada di sekitar apa yang dinginkan oleh pelanggan. Bagi Amazon, itu
adalah sebuah belief/kepercayaan tersendiri.
Model bisnis Amazon yang mereka
yakinikesuksesan inovasi. Sehingga inovasi seolah-olah sudah menjadi nafas bagi
mereka. Amazon secara konsisten terus bergerak ke kategori baru, dengan pasar
yang baru.
Tidak hanya inovasi besar, Jeff
Bezos kepada BusinessWeek mengungkapkan bahwa mereka juga melakukan inovasi
atau perubahan tiap harinya. Ini penting, karena menjadikan operasional mereka
lebih efisien, sehingga biaya lebih rendah dan mereka bisa menawarkan harga
lebih terjangkau kepada pelanggan. Yang jelas, inovasi amazon selalu
customer-focused
Kesimpulan
Intinya, bagi beberapa
perusahaan, inovasi adalah penting, karena itu membuat mereka ‘stay in the
bussiness’ atau dalam kata lain menjaga keunggulan kompetitif. Inovasi diyakini
sebagai kunci penting dalam memenangkan pasr. Sehingga, meskipun kondisi
perekonomian tengah sulit, maka inovasi tetap berjalan. (RP)
Sumber : http://vibizmanagement.com/column/index/category/strategic_management/603/70
Tidak ada komentar:
Posting Komentar