Selasa, 13 November 2012

ARTIKEL BAB 1 MANAJEMEN INOVATIF DI MASA SULIT


(Vibiznews –Strategic)- lemahnya perekonomian amerika akibat krisis subprime mortgage tentunya mempengaruhi kinerja perusahaan-perusahaan AS dan dunia. Inflasi yang semakin tinggi juga semakin mempersulit keadaan. Salah satu implikasi yang dimiliki perusahaan asalah menekan biaya dengan cara mengurangi inovasi. Namun ternyata tidak semua perusahaan menerapkan langkah ini, antara lain blackberry dan Amazon.
Blackberry
Research in Motion (RIM) adalah perusahaan yang berada di balik Blackberry yag fenomenal. Berbeda dengan perusahaan lain yang menekan biaya riset, Blackberry justru tetap berkomitmen pada riset. Mike Lazaridis, pendiri RIM yang juga menjabat sebagai co-chief executive officer, mengungkapkan bahwa jika anda ingin menciptakan sesuatu yang bersifat sustainable dan inovatif maka anda harus berinvestasi pada R&D. Sustainable Innovation dapat diperoleh jika anda membangun budaya yang tepat, berinvestasi pada fasilitas yang sesuai, dan memberi inspirasi pada karyawan. Hasilnya tentu berbeda dengan seandainya anda memperoleh ide, kemudian memaksimalkan value denngan menekan biaya saja. Oleh karena itu, untuk menciptakan sustainable innovation, membutuhkan investasi R&D dalam jumlah yang besar pula.
Yang menarik dari Blackberry adalah pengujian inovasi mereka lakukan sendiri. Seluruh karyawan di perusahaan menggunakan produk, sehingga mereka merasakan langsung pengalaman dengan produk. Sehingga feedback yang diperoleh valid karena mereka berlaku langsung sebagai konsumen.
Amazon. Com
Senada dengan apa yang diungkapkan Mike Lazaridis, Jeff Bezos. CEO amazon, mengungkapkan bahwa tidak ada yang namanya waktu buruk untuk berinovasi. Baik itu masa yang bagus maupun sedang sulit, maka sudah seharusnya anda tetap berinovasi, dan tentunya inovasi akan berada di sekitar apa yang dinginkan oleh pelanggan. Bagi Amazon, itu adalah sebuah belief/kepercayaan tersendiri.
Model bisnis Amazon yang mereka yakinikesuksesan inovasi. Sehingga inovasi seolah-olah sudah menjadi nafas bagi mereka. Amazon secara konsisten terus bergerak ke kategori baru, dengan pasar yang baru.
Tidak hanya inovasi besar, Jeff Bezos kepada BusinessWeek mengungkapkan bahwa mereka juga melakukan inovasi atau perubahan tiap harinya. Ini penting, karena menjadikan operasional mereka lebih efisien, sehingga biaya lebih rendah dan mereka bisa menawarkan harga lebih terjangkau kepada pelanggan. Yang jelas, inovasi amazon selalu customer-focused
Kesimpulan
Intinya, bagi beberapa perusahaan, inovasi adalah penting, karena itu membuat mereka ‘stay in the bussiness’ atau dalam kata lain menjaga keunggulan kompetitif. Inovasi diyakini sebagai kunci penting dalam memenangkan pasr. Sehingga, meskipun kondisi perekonomian tengah sulit, maka inovasi tetap berjalan. (RP)
Sumber : http://vibizmanagement.com/column/index/category/strategic_management/603/70

Tidak ada komentar:

Posting Komentar