Sekilas tentang materi yang telah dipresentasikan oleh
kelompok 1...
Inovasi itu penting agar perusahaan tetap kompetitif. Manajer adalah pencapaian
berbagai tujuan organisasional secara efektif dan efisien melalui perencanaan,
pengelolaan, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya organisasional. 4 fungsi manajemen, yaitu; > perencanaan adalah
mengidentifikasi tujuan dan sumber daya atau menentukan posisi organisasi di
masa mendatang, >pengelolaan
adalah menyerahkan tugas, mendelegasikan otoritas dan mengalokasikan sumber
daya,>kepemimpinan adalah
menggunakan pengaruh untuk memotifasi karyawan guna untuk mencapai tujuan, >pengendalian adalah memonitor
aktifitas karyawan dan membuat koreksi jika diperlukan.
Kinerja Organisasional
Organisasi adalah
suatu entitas sosial yang diarahkan oleh tujuan dan di bangun secara sengaja. Efektivitas
adalah sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang ditetapkan sedangkan Efisiensi adalah penggunaan
sumber daya minimal untuk menghasilkan jumlah keluaran yang diinginkan.
Ketrampilan manajemen
Ketrampilan-ketrampilan yang diperlukan untuk mengatur
sebuah departemen atau organisasi, dikelompok kan menjadi 3 kategori, yaitu;
- Ketrampilan konseptual : kemampuan kognitif untuk melihat organisasi sebagai suatu sistem utuh dan hubungan antarbagiannya
- Ketrampilan interpersonal : kemampuan untuk bekerja dengan dan melalui orang lain
- Kemampuan teknis : pemahaman dan penguasaan dalam melaksanakan tugas tertentu
Kesalahan manajerial, yaitu; Komunikasi yang buruk,
Kesalahan menyimak, Ketrampilan iterpesonal yang buruk, Memperlakukan karyawan
sebagai instrumen, Gagal memperjelas arahan dan ekspektasi kinerja, malarang
pendapat-pendapat yang berseberangan, dan ketidakmampuan membangun tim
manajemen yang bercirikan saling percaya dan hormat
Jenis-jenis manajemen
Ø
Perbedaan Vertikal : Manajer puncak, manajer
tingkat menengah dan manajer lini pertama
Ø
Perbedaan Horizontal : Manajer fungsional dan
manajer umum
memulai perubahan dari pekerjaan individual menjadu manajer
dari identitas individual : spesialis melakukan tugas-tugas
tertentu, menyelesaikan sendiri berbagai tugas, pelaku individual, relatif
mandiri dalam bekerja
ke
Identitas Manajer : generalis, mengkoordinir beragam tugas,
menyeleaikan berbagai tugas melalui lorang lain, pembangun jaringan, bersikap
interpendent dalam bekerja.
Aktivitas manajer
Petualangan
Multitasking ciri aktifitas anajerial adalah keberagaman, fragmentasi, dan
durasi yang singkat
Peran manajer
Peran
adalahsejumlah ekspetasi terhadap perilaku manajer. 10 peran manajer, yaitu:
Informasi >
monitor
>
Penyebar luas
> Juru
bicara
Interpersonal >
Tampilan pemimpin
>
Pemimpin
>
Penghubung
Keputusan >
pengusaha
>
Penangan Gangguan
>Pengalokasian
sumber daya
>
Negosiator
Mengelola Usaha kecil dan Organisasi Nonprofit
Usaha kecil pada saat ini semakin penting. Tetapi terkadang
usaha kecil sullit mengembangkan stamina manajerial yang diperlukan untuk
bertahan di lingkungan yang bergolak
Organisasi nonprofit juga memperlihatkan penerapan bakat
manajemen. Manajer nonprofit menggunakan ketrampilannya untuk menghasilkan
ampak sosial
Manajemen dan tempat kinerja baru
Ø
Karakteristik Tempat kerja baru adalah
digitalisasi bisni
Ø
Kompetensi manajemen baru , manajer harus
memikirkan kembali pendekatan mereka dalam mengorganisasikan, mengarahkan, dan
memotivasi para karyawan
Sekian, semoga berguna :D
sumber : Era baru Manajemen, edisi 9 (terjemahan),
Richard L Daft. buku 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar