Selasa, 13 November 2012

BAB 1 Manajemen Inovatif di Masa Sulit


Sekilas tentang materi yang telah dipresentasikan oleh kelompok 1...
Inovasi itu penting agar perusahaan tetap kompetitif. Manajer adalah pencapaian berbagai tujuan organisasional secara efektif dan efisien melalui perencanaan, pengelolaan, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya organisasional.  4 fungsi manajemen, yaitu; > perencanaan adalah mengidentifikasi tujuan dan sumber daya atau menentukan posisi organisasi di masa mendatang, >pengelolaan adalah menyerahkan tugas, mendelegasikan otoritas dan mengalokasikan sumber daya,>kepemimpinan adalah menggunakan pengaruh untuk memotifasi karyawan guna untuk mencapai tujuan, >pengendalian adalah memonitor aktifitas karyawan dan membuat koreksi jika diperlukan.
Kinerja Organisasional
Organisasi adalah suatu entitas sosial yang diarahkan oleh tujuan dan di bangun secara sengaja.  Efektivitas adalah sejauh mana organisasi dapat mencapai tujuan yang ditetapkan sedangkan Efisiensi adalah penggunaan sumber daya minimal untuk menghasilkan jumlah keluaran yang diinginkan.
Ketrampilan manajemen
Ketrampilan-ketrampilan yang diperlukan untuk mengatur sebuah departemen atau organisasi, dikelompok kan menjadi 3 kategori, yaitu;
  1. Ketrampilan konseptual : kemampuan kognitif untuk melihat organisasi sebagai suatu sistem utuh dan hubungan antarbagiannya
  2. Ketrampilan interpersonal : kemampuan untuk bekerja dengan dan melalui orang lain
  3. Kemampuan teknis : pemahaman dan penguasaan dalam melaksanakan tugas tertentu
Kesalahan manajerial, yaitu; Komunikasi yang buruk, Kesalahan menyimak, Ketrampilan iterpesonal yang buruk, Memperlakukan karyawan sebagai instrumen, Gagal memperjelas arahan dan ekspektasi kinerja, malarang pendapat-pendapat yang berseberangan, dan ketidakmampuan membangun tim manajemen yang bercirikan saling percaya dan hormat
Jenis-jenis manajemen
Ø  Perbedaan Vertikal : Manajer puncak, manajer tingkat menengah dan manajer lini pertama
Ø  Perbedaan Horizontal : Manajer fungsional dan manajer umum
memulai perubahan dari pekerjaan individual menjadu manajer
dari identitas individual : spesialis melakukan tugas-tugas tertentu, menyelesaikan sendiri berbagai tugas, pelaku individual, relatif mandiri dalam bekerja
ke
Identitas Manajer : generalis, mengkoordinir beragam tugas, menyeleaikan berbagai tugas melalui lorang lain, pembangun jaringan, bersikap interpendent dalam bekerja.
Aktivitas manajer
Petualangan Multitasking ciri aktifitas anajerial adalah keberagaman, fragmentasi, dan durasi yang singkat
Peran manajer
Peran adalahsejumlah ekspetasi terhadap perilaku manajer. 10 peran manajer, yaitu:
Informasi             > monitor
                                > Penyebar luas
> Juru bicara
Interpersonal    > Tampilan pemimpin
                                > Pemimpin
                                > Penghubung
Keputusan          > pengusaha
                                > Penangan Gangguan
                                >Pengalokasian sumber daya
                                > Negosiator
Mengelola Usaha kecil dan Organisasi Nonprofit
Usaha kecil pada saat ini semakin penting. Tetapi terkadang usaha kecil sullit mengembangkan stamina manajerial yang diperlukan untuk bertahan di lingkungan yang bergolak
Organisasi nonprofit juga memperlihatkan penerapan bakat manajemen. Manajer nonprofit menggunakan ketrampilannya untuk menghasilkan ampak sosial
Manajemen dan tempat kinerja baru
Ø  Karakteristik Tempat kerja baru adalah digitalisasi bisni
Ø  Kompetensi manajemen baru , manajer harus memikirkan kembali pendekatan mereka dalam mengorganisasikan, mengarahkan, dan memotivasi para karyawan
Sekian, semoga berguna :D

sumber : Era baru Manajemen, edisi 9 (terjemahan), Richard L Daft. buku 1
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar