Sekilas tentang materi yang telah dipresentasikan oleh
kelompok 2...
Tujuan
adalah keinginan dimasa depan yang dicoba diwujudkan oleh perusahaan sedangkan rencana adalah cetak biru yang digunakan
untuk mencapai tujuan. Terdapat beberapa tingkatan tujuan dan rencana adalah
>tujuan dan rencana strategis : menyangkut perusahaan secara keseluruhan.
> tujuan dan rencana taktis : menyangkut divisi-divisi dan unit-unit
utama.dan yang terakhir > tujuan dan rencana Operasional : menyangkut
departemen pegawai. Tujuan disetiap tingkatan perusahaan membimbing kinerja
organisasi. Terdapat beberapa karakter
tujuan dan rencana yaitu, >legitimasi, >sumber motivasi dan komitmen,
>alokasi sumber daya, > panduan tindakan, >dasar pengambilan
keputusan, dan > standart kinerja. Proses perencanaan organisasi yang
pertama adalah para manajer menentukan misi dan tujuan strategis, yang kedua
menerjemahkan rencana tersebut menjadi tindakan, yang ketiga para manajer menjabarkan
faktor-faktor operasional yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan, keempat para
manajer melaksanakan rencana dan yang terakhir para manajer mengevaluasi
rencana untuk belajar dari hasil yang telah dicapai.
Tujuan perusahaan
Misi perusahaan
adalah dasar keberadaan perusahaan, sedangkan Pernyataan misi adalah gambaran umum tujuan yang membedakan
perusahaan dengan perusahaan lain yang sejenis.
Peta Strategi
adalah gambaran visual dari faktor-faktor penting pendorong kesuksesan
perusahaan yang menunjukan hubungan antara tujuan dan rencana di setiap bidang.
Tujuan harus konsisten dan saling
mendukung satu sama lain
Perencanaan Operasional
Tujuan operasional harus mengarahkan pegawai dan sumber
daya guna mencapai hasil spesifik.
Ciri-ciri tujuan yang efektif :
·
Spesifik dan terukur
·
Memiliki jangka waktu yang pasti
·
Mencangkup hasil-hasil penting
·
Menantang tetapi reaalistis
·
Dikaitkan dengan imbalan
Membuktikan keefektifan tujuan adalah
Ø
Manajemen bersasaran
Menentukan tujuan dan memonitor kemajuan
pencapaiannya
Kegiatan utama untuk menyukseskan manajemen
bersasaran adalah
§
Menetapkan tujuan
§
Membuat rencana tindakan
§
Mengevaluasi kemajuan
§
Menilai kinerja secara keseluruhan
Ø
Rencana sekali pakai
Mencapai sejumlah tujuan yang kemungkinan
tidak berulang dimasa depan
Ø
Rencana tetap
Rencana yang berkelanjutan yang memberi
panduan melakukan dan mengatasi tugas yang terjadi secara berulang di
perusahaan
Perencanaan dalam lingkungan yang bergejolak, terdapat 3
metode perencanaan penting, yaitu;
Ø
Perencanaan kontingensi : menentukan respon
perusahaan ketika mengalami situasi tidak terduga
Ø
Pembuatan skenario : memvisualikan
kemungkinan-kemungkinan yang lebih baik di masa depan
Ø
Penceranaan krisis : Persiapan untuk menangani
kejadian-kejadian tidak terduga
Pencegahan : membangun hubungan dan
mendeteksi sinyal dari lingkungan
Persiapan : membentuk tim manajemen krisis
dan juru bicara perusahaan, membuat rencana manajemen krisis terperinci,
membuat sistem komunikasi yang efektif
Perencanaan untuk mencapai kinerja tinggi
Ø
Pendekatan perencanaan tradisional: sekelompok
ahli perencana yang melaporkan secara langsung kepada CEO atau presiden
Ø
Pendekan perencanaan kinerja tinggi: para ahli
perencana bekerjasama dengan manajer divisi dan departemen utama untuk membuat
tujuan dan rencana mereka sendiri
semoga berguna.. :D
Sumber : Era baru Manajemen, edisi 9 (terjemahan), Richard L Daft. buku 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar