Selasa, 09 Oktober 2012

Pemasaran: Membangun Hubungan dengan Pelanggan


Materi ini di berada di buku Nikels, pengantar bisnis (understanding bussiness) buku 2 edisi 8. Materi-materi yang dijelaskan adalah sebagai berikut :
  • Evolusi Bidang Pemasaran
Evolusi pemasaran di AS melibatkan 4 era, yaitu :
1)      Era Produksi, pada awal tahun 1900-an terdapat filosofi umum bisnis adalah “Produksilah sebanyak mungkin karena ada pasar yang tidak terbatas”. Sehingga tujuan bisnis bepusat pada produksi
2)      Era Penjualan, pada tahun 1920 bisnis telah berkembang dan kapasitas produk sering melebihi permintaan pasar langsung, oleh karena itu filosofi bisnis berubah menjadi penekanan pada penjualan
3)      Era Konsep Pemasaran, pada tahun 1950 muncul filosofi yang disebut sebagai konsep pemasaran karena seteleh berakhirnya perang dunia II dan terdapat baby boom (peningkatan angka kelahiran yang drastis), di konsep pemasaran ini mempunyai 3 bagian, yaitu pelanggan, jasa dan laba atau keuntungan
4)      Era Hubungan Pelanggan, pada tahun 1990-an dan  awal 2000-an, para manajer itu mengembangkan konsep pemasaran dengan menggunakan konsep manajemen hubungan pelang

  • Proses Marketing
Ada beberapa langkah dalam proses marketing yaitu:
1)      Mencari kesempatan
2)      Melakukan Penelitian
3)      Mengenali target penjualan
4)      Merancang produk
5)      Pengetesan produk
6)      Nama produk, desain, dan harga
7)      Pengembangan sistem distribusi
8)      Program promosi
9)       Buat hubungan dengan konsumen
Dalam merencanakan Produk kita harus melakukan:
Pengujian konsep >> Uji pemasaran >> mencari investor dan lokasi yang strategis
Setelah melakukan langkah-langkah diatas baru memikirkan nama produk yang menarik.
Dalam menentukan harga yang sesuai bergantung pada beberapa faktor :
  • Produksi
  • Distribusi
  • Promosi produk
selain itu kita harus menempatkan perusahaan kita pada tempat yang sesuai dan juga mengembangkan strategi promosi yang efektif melalu beberapa teknik teknik :
  • Periklanan
  • Penjualan Pribadi
  • Hubungan Mayarakat
  • Ucapan Publisitas
  • dll
dan juga terdapat proses penelitian pemasaran, terdapat 4 langkah yang telah disederhanakan :
  1. Mendifinisikan Pertanyaan
  2. Mengumpulkan data
  3. Menganalisis data Penelitian
  4. Memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya
Lingkungan Pemasaran, dalam lingkungan pemasaran terdapat beberapa faktor yaitu faktor Global, faktor teknologi, faktor ekonomi dan Faktor sosiokultural
Kebanyakan pemasaran ditujukan kepada kaum hawa. itu dikarenakan hampir seluruh keperluan wanita memegang sekitar 80%nya.  terdapat 2 pasar yang berbeda yang satu adalah pasar konsumen dan yang kedua adalah bisnis ke bisnis. maksud dari pasar konsumen adalah berusaha secara fokus memnjual produk di beberapa wilayah saja. dan B2B dalam pasar biasanya barang dan produknya dijual dan dijual lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar