Materi ini
di berada di buku Nikels, pengantar bisnis (understanding bussiness) buku 2
edisi 8. Materi-materi yang dijelaskan adalah sebagai berikut :
- Evolusi Bidang Pemasaran
Evolusi
pemasaran di AS melibatkan 4 era, yaitu :
1)
Era Produksi, pada awal tahun 1900-an terdapat filosofi umum bisnis adalah
“Produksilah sebanyak mungkin karena ada pasar yang tidak terbatas”. Sehingga
tujuan bisnis bepusat pada produksi
2)
Era Penjualan, pada tahun 1920 bisnis telah berkembang dan kapasitas
produk sering melebihi permintaan pasar langsung, oleh karena itu filosofi
bisnis berubah menjadi penekanan pada penjualan
3)
Era Konsep Pemasaran, pada tahun 1950 muncul filosofi yang disebut
sebagai konsep pemasaran karena seteleh berakhirnya perang dunia II dan
terdapat baby boom (peningkatan angka kelahiran yang drastis), di konsep
pemasaran ini mempunyai 3 bagian, yaitu pelanggan, jasa dan laba atau
keuntungan
4)
Era Hubungan Pelanggan, pada tahun 1990-an dan awal 2000-an, para
manajer itu mengembangkan konsep pemasaran dengan menggunakan konsep manajemen
hubungan pelang
- Proses Marketing
Ada beberapa
langkah dalam proses marketing yaitu:
1)
Mencari kesempatan
2)
Melakukan Penelitian
3)
Mengenali target penjualan
4)
Merancang produk
5)
Pengetesan produk
6)
Nama produk, desain, dan harga
7)
Pengembangan sistem distribusi
8)
Program promosi
9)
Buat hubungan dengan konsumen
Dalam merencanakan
Produk kita harus melakukan:
Pengujian
konsep >> Uji pemasaran >> mencari investor dan lokasi yang
strategis
Setelah
melakukan langkah-langkah diatas baru memikirkan nama produk yang menarik.
Dalam menentukan
harga yang sesuai bergantung pada beberapa faktor :
- Produksi
- Distribusi
- Promosi produk
selain itu
kita harus menempatkan perusahaan kita pada tempat yang sesuai dan juga
mengembangkan strategi promosi yang efektif melalu beberapa teknik teknik :
- Periklanan
- Penjualan Pribadi
- Hubungan Mayarakat
- Ucapan Publisitas
- dll
dan juga
terdapat proses penelitian pemasaran, terdapat 4 langkah yang telah
disederhanakan :
- Mendifinisikan Pertanyaan
- Mengumpulkan data
- Menganalisis data Penelitian
- Memilih solusi terbaik dan
mengimplementasikannya
Lingkungan
Pemasaran, dalam
lingkungan pemasaran terdapat beberapa faktor yaitu faktor Global, faktor
teknologi, faktor ekonomi dan Faktor sosiokultural
Kebanyakan
pemasaran ditujukan kepada kaum hawa. itu dikarenakan hampir seluruh keperluan
wanita memegang sekitar 80%nya. terdapat 2 pasar yang berbeda yang satu
adalah pasar konsumen dan yang kedua adalah bisnis ke bisnis. maksud dari pasar
konsumen adalah berusaha secara fokus memnjual produk di beberapa wilayah saja.
dan B2B dalam pasar biasanya barang dan produknya dijual dan dijual lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar